Rabu, 25 April 2012

Pengaruh Acara TV dapat Berdampak Positif dan Negatif pada Anak


   Media televisi kini memang semakin marak dengan acara-acaranya yang menarik, tidak hanya acara berita, reality show, bahkan sinetron sekalipun yang selalu membanjiri setiap stasiun televisi. Namun, seperti yang kita ketahui juga beberapa acara televisi yang ditayangkan tidak hanya disuguhkan bagi para remaja hingga orang dewasa saja, melainkan acara anak-anak pun kini turut mewarnai layar kaca televisi Anda.



      Acara ataupun hiburan yang ditayangkan tentunya menarik perhatian buah hati Anda untuk ingin selalu menyaksikan acara kesayangannya tersebut. Namun, apakah Anda pernah membayangkan bila anak Anda yang masih berusia sangat kecil sudah disuguhkan dengan tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan umurnya. Beberapa tayangan seperti kekerasan, vulgarisme, pornografi, mistik, dan gosip bukan hal yang layak untuk dipertontonkan pada anak Anda karena hanya memberikan dampak negatif bagi sang anak dari acara televisi itu sendiri. Hal tersebutlah yang dapat membawa dampak buruk bagi perkembangan psikologi anak itu sendiri.
      Memang tidak ada salahnya memberikan televisi di kamar pada anak Anda yang sudah cukup umur. Lalu bagaimana dengan anak Anda yang memang usianya masih dibawah umur dan harus butuh bimbingan Anda? Dalam hal ini tentunya Anda harus memberikan perhatian dan waktu yang lebih pada sang anak untuk membimbing dan mengarahkan dalam menyaksikan tayangan-tayangan televisi.
      Adapun dampak dari media televisi itu sendiri yaitu tayangan yang tidak dikemas secara baik yang tidak mempedulikan pendidikan dan perkembangan jiwa anak, sehingga menjadikan tumbuh kembang anak mencontoh ataupun meniru adegan dari tokoh idolanya, baik perilaku seperti gaya bicara, gaya rambut hingga busana yang dikenakan. Tak hanya itu, dampak lainnya juga tentunya akan merugikan bagi sang anak seperti lupa belajar dan lupa dengan kegiatan-kegiatan positif, menjadi ketagihan, membuat sang anak jarang bersosialisasi, dapat melakukan hal-hal yang berbahaya dan kurang wajar, membawa pada pola pikir ke arah yang berdampak negatif serta hal-hal negatif lainnya.

      Oleh karena itu, sudah selayaknya Anda para orangtua berperan penting dalam memilih tayangan, mendampingi saat menonton, saat jam makan, jam tidur serta melatih sang anak untuk mematikan televisi pada jam yang telah Anda sepakati dengannya. Berikan disiplin waktu untuk menonton tayangan yang baik dan tayangan yang tidak baik agar mereka memanfaatkan waktunya untuk bermain diluar ataupun di halaman rumah untuk melatih motorik dan menikmati alam. Dan berikan tayangan seperti televisi pendidikan, karena merupakan media yang sangat baik untuk membagi informasi dan bahan pendidikan pada sang anak agar memberikan dampak positif bagi sang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar